Sepuluh Istilah Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Sepuluh Istilah Asuransi yang Perlu Anda Ketahui
Ada beberapa istilah asuransi yang penting dan seharusnya diketahui dan dipahami supaya tidak menemui kesulitan dalam memahami aneka macam hal yang berkenan dengan usaha perasuransian, yaitu:

1. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi yaitu sebagai pengelola risk sharing dan perusahaan asuransi syariah sebagai pengelolaan dana tersebut sesuai dengan kesepakatan yang diperjanjikan.

2. peserta Asuransi

Istilah penerima asuransi dikenal di dalam asuransi syariah, sedangkan di asuransi kovensional disebut nasabah. penerima asuransi merupakan pihak pertama yang berbagai risiko dan mempunyai hak untuk menerima klaim yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, antara perusahaan asuransi dan peserta, dan peserta asuransi berhak memiliki investasi apa yang akan digunakan.

3. Underwriting

Istilah asuransi yang ini artinya ialah proses penafsiran jangka hidup seorang calon penerima yang dikaitkan dengan besarnya risiko untuk memilih besarnya premi. Underwriting asuransi syariah bertujuan mengatakan skema pembagian risiko yang proposional dan adil di antara para peserta.

4. Polis Asuransi

Polis Asuransi yaitu surat perjanjian yang dibentuk antara peserta asuransi dan perusahaan asuransi. Di dalam polis asuransi terdapat perjanjian-perjanjian yang harus dijalankan dan di dalamnya juga terdapat janji-akad syariah yang digunakan. Untuk itu polis asuransi merupakan hal yang terpenting di antara kedua belah pihak.

Ada beberapa unsur dalam sebuah polis (perjanjian) yang dibuat oleh perusahaan, yaitu:
  • Polis asuransi harus memuat data penerima asuransi, baik itu nama, alamat tempat tinggal, besar premi yang harus dibayarkan, jangkawaktu pertanggungan, perhitungannya, dan banyak sekali info yang diperlukan lainnya.
  • Dalam setiap perjanjian pada polis asuransi, perusahaan berkewajiban membentuk pernyataan bahwa perusahaan akan menanggung beban risiko yang terjadi pada akseptor, dan di dalam perjanjian itu peserta harus menyatakan sanggup untuk membayar premi yang telah ditetapkan.
  • Pada setiap polis terdapat pasal yang menjelaskan pertanggungan apa yang akan didapatkan dan penyebab klaim penerima tidak diberikan.
  • Polis asuransi harus ditandatangani oleh perusahaan asuransi.
5. Discovery Period

Discovery Period (kurun waktu inovasi) ketidakjujuran perlu dibatasi, yaitu selama 12-24 bulan. Apabila ada penemuan ketidakjujuran pada jangka waktu tersebut maka polis sanggup dibatalkan.

6. Jangka Waktu Pertanggungan

Jangka Waktu Pertanggungan ialah jangka waktu yang menunjukkan lama waktu pertanggungan yang diberikan kepada penerima sehingga masa waktu pertanggungan akan habis sesuai dengan komitmen yang diberikan.

7. Tanggal Dikeluarkan Polis

Tanggal dikeluarkannya polis merupakan tanggal terbitnya sebuah polis asuransi yang diberikan kepada peserta, dengan melalui mekanisme-prosedur yang harus diikuti oleh penerima. Pada waktu polis dikeluarkan, peserta wajib membaca dan memahami. Dalam memahami polis ini penerima diberi keleluasaan apakah ingin melanjutkan polis asuransinya atau membatalkannya. Untuk memahami polis itu penerima diberi waktu sekitar 30 hari. sesudah 30 hari, polis tidak mampu dibatalkan

8. biro Asuransi

Agen Asuransi yaitu seseorang atau badan hukum yang menjalankan bisnis untuk memperkenalkan atau memasarkan asuransi kepada masyarakat atau orang lain. distributor asuransi ini sanggup juga disebut marketing asuransi.

9. Aktuaria

Aktuaria merupakan pegawai asuransi yang bertugas untuk melakukan perhitungan keuangan perusahaan.

10. Reasuransi

Reasuransi ialah pertanggungan ulang atau pertanggungan yang diasuransikan atau sering disebut asuransi dari asuransi. Reasuransi tidak hanya dimiliki oleh perusahaan asuransi konvensional. Perusahaan asuransi syariah juga mempunyai perusahaan reasuransi syariah yang beroperasi untuk melindungi dan saling gotong royong di antara sejumlah perusahaan asuransi syariah melalui investasi dalam bentuk tabarru’ atau juga memakai kesepakatan wakalah bil ujrah.

Itulah sepuluh istilah-istilah perasuransian yang perlu anda ketahui. Masih banyak istilah-istilah lainnya yang akan kami upayakan share melalui blog ini. supaya bermanfaat.