Daftar 10 Besar Asuransi Terbaik di Indonesia 2017


Kehadiran sejumlah daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia menjadi indikasi meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap aktivitas asuransi. Selain itu, progres pertumbuhan asuransi baik itu asuransi konvensional maupun syariah juga memperoleh sambutan faktual dari semua golongan masyarakat. Kondisi ini juga menjadi fakta bahwa perusahaan asuransi cukup sukses dalam menarik minat masyarakat dengan beragamnya produk-produk asuransi yang ditawarkan. misalnya saja, asuransi unit link yang lahir dari perpaduan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa plus investasi.

Berikut ini admin sajikan Daftar 10 Besar Asuransi Terbaik di Indonesia beserta dengan profil singkatnya untuk menjadi info bagi para pembaca khususnya bagi yang ingin bekerjasama atau mengambil serpihan dalam aktivitas-program yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan asuransi tersebut.

1. Allianz
Allianz didirikan pada tahun 1890, dengan Kantor sentra di Munich, Jerman, merupakan salah satu perusahaan asuransi dan jasa keuangan terbesar di dunia yang menyampaikan aneka macam solusi financial baik dalam bidang asuransi maupun administrasi asset. Allianz menerobos pasar Indonesia semenjak tahun 1981 dengan kehadiran asuransi kerugian dibawah bendera PT. As uransi Allianz Utama dan membentuk PT. Asuransi Allianz Life di tahun 1996. Seba gai cuilan dari kelompok yang berkelas dunia, Allianz Life Indonesia memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang didapat dari perusahaan Allianz lainnya yang tersebar di seluruh dunia.

Saat ini Allianz Life Indonesia memiliki lebih dari 150 kantor cabang di 70 lokasi di Indonesia. sekarang Allianz Life Indonesia mempunyai sekitar 6.000 Financial Consultant yang tersebar di 30 kota besar dan lebih dari 40 Account Executives di Indonesia, melayani lebih dari 300.000 nasabah perorangan dan perusahaan. Perusahaan juga bekerjasama dengan broker dan kawan distribusi alternatif seperti bancassurance dan PT. BUSS. Dengan ilustrasi yang mendunia, jaminan kekuatan financial , profesionalisme dan didukung oleh teknologi yang handal, Allianz Life Indonesia bertekad menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia.

2. Prudential

Daftar 10 Besar Asuransi Terbaik di Indonesia 2017
Prudential Life Assurance masuk keIndonesia semenjak tahun 1995. Perusahaan ini berpusat di London – Inggris sebagai group jasa keuangan ritel dengan nama Prudential plc. Dari Tahun 2011 kemudian, perusahaan asuransi prudential sudah menyandang gelar perusahaan asuransi terbaik dengan total aset lebih dari Rp. 10 Triliun.

Di benua Asia, Prudential telah beroperasi lebih dari 75 tahun dan hingga dikala ini telah mempunyai 22 kantor perwakilan yang tersebar di 12 negara, seolah-olah Hongkong, Singapura, Malaysia, Thailand, India, Filiphina, Vietnam, Taiwan, Republik Rakyat Cina (RRC), Jepang, Korea, dan Indonesia. Dengan proteksi dari Prudential Plc. yang mempunyai keahlian dan pengalaman di bidang asuransi jiwa selama lebih dari 150 tahun, PT. Prudential Life Assurance mempunyai kesepakatan untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

3. AXA mampu berdiri diatas kaki sendiri

PT AXA sanggup berdiri diatas kaki sendiri Financial Services (AXA sanggup bangun diatas kaki sendiri) adalah perusahaan patungan baru ( joint venture) antara PT Bank mandiri (Persero) Tbk (49% saham) dan AXA (51% saham) yang bergerak di bisnis Bancassurance. Bancassurance yaitu sebuah istilah yang berarti pemasaran produk-produk asuransi melalui jaringan cabang suatu bank. AXA sanggup bangun diatas kaki sendiri telah memulai operasinya sejak Desember 2003.

Dibangun dari sinergi dua kekuatan besar, AXA sanggup berdiri diatas kaki sendiri dengan mantap menjalankan bisnisnya di Indonesia. Sebagai bank terbesar di Indonesia, Bank mampu berdiri diatas kaki sendiri telah mengelola aset lebih dari Rp 300 triliun dan memperoleh keuntungan lebih dari Rp 3,5 triliun. Dengan jaringan lebih dari 1000 cabang di seluruh Indonesia dan 6 cabang luar negeri, Bank berdikari sekarang melayani lebih dari 7 juta nasabah. AXA mandiri secara sedikit demi sedikit diimplementasikan dengan menempatkan Financial Advisor yang profesional di cabang-cabang Bank mampu berdiri diatas kaki sendiri. Dimulai di bulan Desember 2003 dengan hanya 40 orang Financial Advisor di 20 cabang Bank mandiri Jakarta, kini AXA mampu berdiri diatas kaki sendiri telah menempatkan Financial Advisor profesional di lebih dari 1000 cabang Bank sanggup bangun diatas kaki sendiri di seluruh Indonesia.

4. Bumiputera 1912

Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 didirikan di Magelang pada tanggal 12 Februari 1912 oleh Perkumpulan Guru-Guru Hindia Belanda (PGHB). penggerak bangunnya yaitu seorang tokoh pergerakan nasional yaitu M. Ng. Dwidjosewojo (Sekretaris Boedi Oetomo). Sesuai dengan perkumpulan yang mendirikannya, perusahaan asuransi jiwa ini diberi nama Onderlinge Levensverzekering Maattschappij PGHB dan biasa disingkat dengan OL. Mij. PGHB.

Asuransi ini termasuk salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia. Yang menariknya, Bumiputera yang berbentuk badan usaha mutual atau usaha bersama ini menganut bahwa semua pemegang polis adalah pemilik perusahaan yang memercayakan wakil-wakil mereka di tubuh Perwakilan Anggota (BPA) untuk mengawasi jalannya perusahaan. Asas mutualisme, idealisme dan profesionalisme merupakan kekuatan utama bagi Bumiputera.

5. AIA Financial



Salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia ini pernah berganti nama beberapa kali. Awalnya, perusahaan ini berjulukan PT. Asuransi Lippo Jiwa Sakti kemudian berganti nama menjadi Lippo Life, kemudian kembali diganti menjadi AIG Lippo. sesudah 80 persen sahamnya dikuasai American International Assurance hingga sekarang perusahaan ini bernama AIA Financial.

PT. AIA Financial sebuah perusahaan yang begerak sebagai perusahaan memperlihatkan jasa perlindungan dalam bentuk asuransi dan investasi. Salah satu bentuk asuransi yang ditawarkan PT. AIA Financial yaitu Asuransi jiwa dan investasi. Potensi pasar Asuransi jiwa dan investasi masih terbuka lebar mengingat banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya asuransi jiwa dan investasi. Untuk itulah asuransi AIA financial selain mengatakan pelayanan jasa terhadap objek asuransi yang kompleks dan besar, juga mengembangkan hal yang sama terhadap objek asuransi perseorangan bagi masyarakat umum. Untuk tujuan tersebut asuransi AIA financial mengembangkan beberapa asuransi yang diposisikan sebagai produk unggulan , salah satunya yaitu asuransi jiwa dan investasi.

6. Jiwasraya

Jiwasraya menjadi satu-satunya perusahaan asuransi tertua di Indonesia sekaligus merupakan badan perjuangan Milik Negara (BUMN) dan admin masukkan dalam daftar 10 besar asuransi terbaik di Indonesia. PT. Asuransi Jiwasraya bangun tahun 1859 dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ). Rasio Kecukupan Modal yang dicapai asuransi ini pernah mencapai mencapai 174,49% di tahun 2014 dan jauh diatas kriteria yang ditetapkan pemerintah sebesar 120%. Selain itu tingkat kesehatan Perusahaan berada dalam kategori “SEHAT AA”, sesuai Peraturan Menteri BUMN No.04/MBU/2011.

Komitmen Perseroan untuk menjalankan tata kelola Perusahaan yang baik (GCG) juga terus ditingkatkan terbukti dengan penilaian dari konsultan independen dengan predikat “Sangat Baik” atau mendapat poin 87,15. Pencapaian atas indikator-indikator penting tersebut sejatinya telah menggambarkan kondisi Perusahaan yang mampu tumbuh makin baik untuk melanjutkan pertumbuhan di era yang akan datang.

7. Avrist

PT Avrist Assurance (Avrist), ialah perusahaan asuransi jiwa patungan di Indonesia yang bangun semenjak tahun 1975, mempunyai pengalaman yang membanggakan selama 38 tahun dan melalui seni manajemen dari majemuk susukan distribusi menyediakan acara asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, asuransi berbasis syariah, asuransi jiwa kredit dan pensiun, baik untuk perorangan maupun korporasi. Didukung lebih dari 7.100 distributor dan lebih dari 550 karyawan yang tersebar di 56 kantor pemasaran, Avrist melayani lebih dari satu juta nasabah di Indonesia.

Asuransi ini didukung oleh institusi keuangan bertaraf internasional. kawan asuransi ini adalah Meiji Yasuda Life (Meiji Yasuda Life Insurance Company), salah satu pemimpin pasar industri asuransi jiwa di Jepang dengan pengalaman lebih dari 130 tahun. Avrist berkembang dengan mendirikan anak perusahaan, yaitu PT Avrist General Insurance dan PT Avrist Asset Management. Dengan visinya “Satu polis Avrist di setiap rumah tangga di Indonesia”, Avrist berkomitmen untuk memajukan kehidupan gemilang yang bermakna bagi karyawan, kawan bisnis dan nasabahnya.

8. Sinarmas

PT Asuransi Sinar Mas didirikan pada tanggal 27 Mei 1985 dengan nama PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Kemudian di tahun 1991 berubah nama menjadi PT. Asuransi Sinarmas. PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) merupakan salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia. Sepanjang perjalanannya, ASM memperlihatkan pertumbuhan yang berkesinambungan. Premi bruto dan total asset Perusahaan secara konsisten meningkat dari tahun ke tahun, termasuk di tahun-tahun dimana terjadi goncangan ekonomi global.

Sebagai Perusahaan Asuransi Umum terbesar di Indonesia dari sisi Gross Premium Written, ASM telah membuktikan kesepakatan pelayanan kepada para nasabahnya melalui pembayaran klaim yang cepat dan tepat untuk aneka macam produk yang dipasarkan nya. Selain itu Perusahaan juga memberikan fasilitas bagi para nasabah, rekanan dan partner atau biro untuk mengakses segala hal yang bekerjasama dengan pertanggungan asuransi melalui website, 24-hour Customer Care, Call Center, dan lain.

9. Manulife

PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia sebelumnya berjulukan PT. Asuransi Jiwa Dharma Kasih Bakti, didirikan pada tanggal 28 Maret 1984, terdaftar dalam akte notaris no. 72 atas nama Ny. Rukmasanti Hardja Satya, SH. Menjelang tahun 2000, kembali dengan nama PT. Asuransi Manulife Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwaperusahaan ingin menjalin suatu komitmen jangka panjang dengan pasar, sesuai dengan kenyataan bahwa Manulife Financial-Canada merupakan perusahaan asuransi terkemuka yang memiliki saham mayoritas di PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.

Sepanjang 2016 kemudian, dana kelolaan Manulife naik 11 persen menjadi Rp 55,8 triliun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 50,2 triliun. Disamping itu Manulife Indonesia membayar klaim asuransi, nilai tunai penyerahan polis, anuitas dan manfaat lain senilai Rp 6,8 triliun. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 5,6 trilun.

10. CIGNA

Perusahaan ini bangun tahun 1990 yang merupakan cabang CIGNA Group, sebuah perusahaan asuransi terbesar di dunia yang berpusat di Connecticut, USA. Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia ini, terus menunjukkan perkembangannya dari tahun ke tahun, Asuransi Cigna Indonesia telah mendapat sejumlah penghargaan dari banyak sekali institusi dan majalah bisnis di Indonesia. Penghargaan tersebut menandakan kesepakatan Cigna Indonesia untuk menjadi organisasi yang customer centric dan senantiasa mengatakan pelayanan dan produk terbaik bagi nasabah.

Demikian Daftar 10 Besar Asuransi Terbaik di Indonesia 2017 beserta review singkat ihwal profil masing-masing asuransi dan prestasi yang membanggakan. biar para nasabahnya tetap nyaman dan sanggup memberi manfaat bagi kemajuan bangsa serta terus meningkatkan pelayanannya dan jumlah nasabah baru .